Cara memperkecil File Size pada Video

Hari ini saya sangat sederhana untuk post di sini. Jadi saya akan memberitahu bagaimana cara memperkecil file size pada video dari recording. Sebelum itu, kalian pasti ingin sekali memperkecil video file size supaya tidak lama copy ke dalam disk atau flashdisk dan upload ke Youtube.

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperkecil file size pada video. Ini tips dari saya cara memperkecil video size.

1. Menggunakan Windows Movie Maker dan save dengan .mp4 format


Ini bagi yang masih menggunakan Windows 7. Kalian dapat menggunakan cara ini. Untuk melalukannya dengan cara masuk ke Windows Movie Maker, lalu masukan video yang kamu untuk di save ke .mp4. Setelah itu save video dengan format .mp4. Alasan save dengan menggunakan .mp4 karena format video .mp4 hanya beberapa MB size untuk video-nya. 

2. Menggunakan Handbrake


Handbrake ini adalah software untuk memperkecil file size pada video. Ini juga khusus bagi pengguna Windows 10 yang tidak memiliki software Windows Movie Maker khususnya. Cara menggunakannya dengan mendownload Handbrake terlebih dahulu di website https://handbrake.fr/ . Setelah mendownload software tersebut, install dan jalankan aplikasinya. Cara untuk memasukan file video dengan cara klik Open Source -> File (untuk 1 file) / Folder (untuk 2 file). Setelah itu save video di tempat yang kalian inginkan, caranya dengan klik browse pada bagian destination.

3. Memperkecil Frame Rate atau Resolusi jika kalian tidak terpengaruh dengan hal ini

Maksud saya adalah jika kalian tidak membutuhkan Frame Rate atau Resolusi yang besar pada video. Kalian dapat memperkecil video size tersebut, bagi saya cara untuk mengubah Frame Rate atau Resolusi untuk Handbrake dengan cara pilih pada bagian Present di bagian kanan. Lalu kalian dapat memilih Present yang kalian inginkan untuk memperkecil video tersebut. Kalian juga dapat menggunakan Movie Maker juga untuk memperkeceilnya.

Itu saja untuk post ini, semoga cara ini bermanfaat bagi kalian :)

Komentar

Postingan Populer