Daftar Software/Aplikasi untuk Live Streaming atau Broadcasting di Media Sosial

Halo semua, karena post sebelumnya membahas tentang buku paduan, saya akan memberi tahu daftar software untuk live stream, sebelumnya kalian sudah tahu atau belum tentang dari kata "Live Streaming". Live Streaming ini adalah sebuah penggunaan video yang disiarkan langsung di media sosial. Saya dulu juga pernah melakukan live streaming di media sosial seperti di Youtube dan Twitch. Saat melakukan Live Streaming ini juga dibutuhkan speed upload yang kuat. Minimum upload kira-kira 350 kb/sec, dengan upload minimum itu kalian dapat melakukan live streaming dengan 720p.

Sekarang saya akan memberikan daftar Software atau Aplikasi untuk Live Streaming, lihat di bawah ini :

1. Open Broadcaster Software (OBS) [Windows, Mac]


OBS ini adalah software free untuk melakukan Live Streaming, tidak memerlukan biaya untuk membayar software ini dan bisa digunakan bagi para gamerr. OBS ini juga banyak sekali digunakan oleh para streamer karena ini gratis dan tidak bayar. Namun, cocok untuk melakukan live stream seperti berita, announcer. OBS dibagi dua bagian, yaitu Classic dan Studio. Sekarang OBS yang ter-update adalah OBS Studio. Software ini juga dapat menggunakan Add-ons untuk menambahkan sebuah fitur di dalam Software ini. Saya juga sekarang ini menggunakan Software ini.

Link untuk software ini : https://obsproject.com/

2. Xsplit Broadcaster / Gamecaster  [Windows]


Xsplit ini adalah software yang digunakan untuk para streamer dengan menggunakan banyak konten. Software ini dibagi 2 bagian, yaitu Broadcaster dan Gamcaster. Broadcaster ini digunakan untuk melakukan live streaming dengan konten yang lebih luas dan Gamecaster digunakan untuk melakukan live streaming khusus untuk para gamer. Xspilt ini gratis untuk download, tetapi ada konten yang perlu bayar per bulan. Paket untuk bayar ini seharga $14.95 untuk Personal License (digunakan untuk personal fitur) dan $24.95 untuk Premium License (digunakan untuk Commercial dan Studio). Saat membeli License ini juga perlu bayar khusus per bulannya.
 
Link untuk software ini : https://www.xsplit.com/

3. Wirecast - [Windows, Mac]


Wirecast ini adalah software yang dibuat oleh Telestream. Software ini juga seperti Xsplit broadcaster fungsinya. Tetapi, software ini lebih recommend live streaming lewat Youtube dan Facebook. Bagi pengguna streamer Facebook dan Youtube yang memerlukan seperti live scoreboard, integrated HDV dan 3D Virtual sets, sangat recommend untuk  menggunakan software ini. Wirecast ini bersifat free trial dan berbayar. Ada 2 paket untuk Wirecast ini, yaitu Studio 7 dan Pro 7. Studio 7 digunakan untuk live production dan HD version, paket ini dengan harga $495. Dan Pro 7 digunakan untuk web live scoreboards, 3D virtual sets, dan ISO recording, paket ini dengan harga $995.


4. vMix [Windows, Mac]


vMix ini adalah software digunakan untuk live stream seperti berita dan effect pada video live stream. Ini khusus bagi para pembuat live stream tentang berita atau konser pada umumnya. vMix ini juga dapat live stream melalui Twitch. Tetapi, software ini banyak software lain yang perlu di install seperti vMix Replay, vMix Social dan lain-lain. Software ini bersifat free trial dan berbayar. Paket dari vMix ini ada beberapa macam, yaitu Basic HD, SD, HD, 4k dan Pro.

Link untuk software ini : http://www.vmix.com/software/

5. Gameshow [Windows, Mac]


Gameshow ini adalah live stream digunakan khusus bagi para gamer yang dapat melakukan penambahan musik dan memasukan layer lebih dari satu layer. Software ini juga dapat melakukan converter ke OBS software. Tetapi, software ini hanya dapat melakukan live streaming lewat Youtube dan Twitch. Software ini bersifat free trial dan berbayar. Cukup membeli sekali software ini, akan dipakai selama-lamanya dan tidak perlu membayar untuk per bulan.

Link untuk software ini : http://www.gameshow.net/

6. Elgato Gaming Capture [Windows. Mac]

Elgato gaming ini adalah live stream yang digunakan dengan menggunakan Hardware Elgato Gaming HD 60 Pro. Software ini digunakan secara gratis. Tetapi, untuk melakukan capture atau live streaming, harus ada hardware khusus terlebih dahulu yaitu Elgato Gaming HD 60 Pro. Dalam software ini juga terdapat tombol khusus yang dapat memudahkan para streamer untuk menjalakan live stream. Ini juga sangat recommend bagi console gamer.

Link untuk software ini : https://www.elgato.com/en/gaming

7, Livestream Studio™  [Windows]

Livestream Studio™ adalah live stream khusus bagi Announcer, Studio dan Sports. Jadi untuk pengguna studio dan live event, sangat disarankan menggunakan software ini. Livestream Studio ini memiliki Graphics Support untuk mengontrol grafik yang ada di interface. Tetapi software ini perlu ada input hardware dan harus di masukan ke dalam video camera yang support dengan hardware Livestream Studio. Software ini bersifat free trial dan berbayar. Harga software ini dengan harga $799 belum termasuk media lainnya seperti keyboard khusus, mixer dan lain-lain.

Link untuk software ini : https://livestream.com/

Itu daftar software untuk live streaming/broadcasting di media social. Sebenarnya masih banyak software tetapi dari 7 software ini banyak yang menggunakannya. Semoga ini sangat bermanfaat bagi kalian.

Komentar

Posting Komentar

Untuk ingin kirim link atau gambar, gunakan Contact Form yang ada di paling bawah blog ada isi Nama, Email dan Message :)

Postingan Populer