Software Audio Voicemeeter Banana dan Cara Menggunakannya

Sudah hampir 2 bulan saya tidak melakukan post dan saat ini saya akan melakukan post tentang software lagi. Sekarang ini saya membahas tentang software yang mungkin orang-orang belum biasa menggunakan software audio ini.

Voicemeeter Banana

Kita akan memperkenalkan tentang aplikasi Voicemeeter Banana. Voicemeeter ini adalah sebuah software audio yang dapat melakukan beberapa channel sound seperti mixing. Voicemeeter ini juga dapat membantu kalian untuk mengubah channel sound menjadi terpisah, misalkan seperti headset dan speaker biasa digabung bersamaan sebelum ada software ini. Tapi setelah ada software ini, Headset dan Speaker akan terbagi menjadi dua channel.

Voicemeeter ini juga dapat mengatur equalizer dan recording sound juga di dalam software ini. Software ini juga ada beberapa paket diantaranya MacroButton, VBAN, VBAN-2 midi, dan Control Panel khusus Voicemeeter. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan dan ada upgrade juga tetapi harus bayar (Special Deals/Voice License), saran saya khusus yang gratis juga sudah dapat digunakan sepenuhnya.

Cara Penggunaan Voicemeeter

Disini saya akan menggunakan bagaimana cara menggunakan Voicemeeter Banana. Pertama-tama download aplikasi Voicemeeter disini : https://www.vb-audio.com/Voicemeeter/banana.htm . Setelah itu kalian install aplikasi tersebut.

Setelah itu restart komputer kalian dan akan otomatis berjalan Voicemeeter tersebut, jika tidak berjalan coba kalian ke Control Panel > Sound > Ganti ke Voicemeeter Input Audio (catatan : perbedaan Aux dengan Input audio sebenarnya itu sama saja tetapi beda channel). Sesudah itu, coba kalian buka aplikasi Voicemeeter Banana. 

Kita akan masuk ke dalam aplikasi dengan deskripsi yang sudah dijelaskan di gambar. Ini memang sedkit sulit unutk menggunakannya. Tapi saya akan jelaskan secara detail apa saja yang ada di bagian-bagian tersebut. Oh iya, saya tidak melingkari bagian VBAN (disebelah menu) terlebih dahulu karena itu akan berhubungan dengan streaming/broadcasting quality sebenarnya dan akan dijelaskan lebih panjang pada bagian itu. Saya akan menjelaskan basic saja pada post ini.



1. Input

Input ini digunakan sebagai dimana audio akan masuk ke dalam komputer dan terdengar di komputer. Input audio ini juga dapat digunakan sebagai app Voice Call seperti Skype atau Discord. Bagian untuk dalam input sound adalah Microphone ini sangat penting untuk mendengar suara dari komputer. Cara mendengar suara diri sendiri adalah menyalakan audio output (bagian A1,A2,A3). Setelah itu juga, jika ingin suara microphone terekam kalian dapat menyakan "solo" dibawah tombol mono. 

2. Output

Output ini sering digunakan sebagai audio yang keluar dari dalam komputer, maksud saya adalah diamana kalian akan mendengar suara audio tersebut seperti musik dan lain-lain. Pada audio output ini, dibagi kedalam tiga bagian, yaitu A1,A2 dan A3. Untuk menggunakan itu dengan cara memasukan audio speaker/headset ke dalam app tersebut. Ingat juga ya, jika kalian tidak dapat mendegar suara di komputer kalian, coba cek lagi apakah A1/A2/A3 nya sudah nyala atau belum karena saya juga sering kejadian seperti itu sebenarnya sampai saya bingung solusi ternyata channel tersebut belum dijalankan.

3. Equalizer
Setting Bass Booster versi saya (kalian dapat mengcopy ini
Equalizer ini digunakan sebagai pengaturan pengembangan suara, jadi jika anda senang bass tinggi kalian dapat menggunakan equalizer ini. Cara penggunaan equalizer ini yaitu dengan klik kanan pada bagian EQ untuk dapat mengatur suara bass/trebble. Setelah itu disitu juga ada FLAT, Channel A/B dan Channel Select. Pada bagian FLAT, itu digunakan sebagai merata suara menjadi seimbang. Lalu Channel A/B dan Channel Select juga untuk memilih channel yang diinginkan. Saya tidak mahir dalam setting sesuai genre-genre musik tetapi saya hanya mengatur suara untuk bagian bass booster saja karena saya sangat senanga mendengar musik dengan suara bass tinggi, kalian dapat mengikuti opsi berikut untuk yang senang mendengar musik dengan bass bosster. 

4. Menu


Di dalam menu ini ada beberapa bagian yang saya akan jelaskan. Disini saya rekomendasikan bagian-bagian yang harus di centang supaya dapat berjalan otomatis saat masuk masuk ke Windows. Untuk bagian hook keys biasanya itu khusus bagi yang keyboardnya memiliki Media Keys (tapi saya tidak tahu yang sekarang ada tombol berbeda atau tidak). Contoh dari media keys adalah volume keys, start/stop keys dan next/previous keys. Disini juga kalian dapat menyimpan setting kalian jika tidak ingin mengganti-ganti channel audio dan setting di Voicemeeter.

5. Intellipan

Intellipan digunakan sebagai setting audip pada voice input audio. Disini dibagi beberapa bagian yaitu Color Panel, Fx Panel dan 3D Panel. Kegunaan pada Color Pannel adalah mengubah suara menjadi high/low voice, jika suara di high maka suara akan menjadi treble dan jika suara di ganti ke low, maka suara akan menjadi nge-bass. Kegunaan Fx Panel jika saya coba, ini dapat membuat suara menjadi seperti robot tapi saya tidak terlalu mengerti kegunaan yang seharusnya. 3D Panel digunakan sebagai mengatur suara posisi, suara posisi ini dapat dipindahkan ke kiri atau kanan dan dapat dipindahkan ke depan juga.

6. MacroButtons

MacroButtons ini digunakan sebagai macro keyboard. Jadi kalian dapat menggunakan tombol kombinasi supaya dapat menjalankan program yang diinginkan. Disini saya tidak akan menjelaskan lebih detail karena banyak sekali command yang digunakan pada tombol makro tapi saya akan memberitahu cara penggunaan MacroButtons. 


Sebelumnya, kalian dapat menemukan software ini di folder Voiemeeter atau kalian dapat mengetik "MacroButtons". Jika dilihat dari software ini mungkin ada 4 tombol kosong dan bertuliskan "Mode : Push", ini sebenarnya masih belum disetting (ini setting yang punya saya pada bagian gambar ini). Disini juga ada setting pada bagian MacroButtons ini untuk mencari setting dengan klik kanan pada icon MacroButtons dibagian atas kiri. Untuk mengatur tombol macro yaitu dengan cara klik kanan pada bagian kotak tersebut.

Contoh setting MacroButtons pada bagian Mute/Unmute (kalian dapat mengikuti opsi ini jika kalian mau)

Setelah mengkilik kanan pada bagian kotak tersebut, disini kalian akan melihat bagian-bagian pada setting tombol tersebut. Kalian akan bingung karena kalian tidak tahu kode apa saja yang akan digunakan pada bagian MacroButtons dan tidak tahu mana yang penting atau tidak. Saya akan memberitahu mana saja yang penting, pertama Button Type dibagi menjadi 2 yaitu Push dan 2 Positions. Push ini digunakan hanya satu kali klik saja dan 2 Positions digunakan dengan dua kali posisi klik. 2 Positions klik ini sangat digunakan jika ingin melakukan dua command yang dibutuhkan. Disini juga saya akan memberikan sebuah code bagi yang ingin tahu semuanya, kalian dapat mengunjungi official manual user disini di halaman 31 (https://www.vb-audio.com/Voicemeeter/VoicemeeterBanana_UserManual.pdf).

Bonus FAQ (dapat bertambah jika ada pertanyaan dari komentar)

Apa bedanya antara ASIO, WDM dan MME pada bagian input atau output sound?
- ASIO (Audio Stream Input Output) adalah driver yang biasa kita pakai penggunaan untuk melakukan performa latency pada bagian driver PC dan Mac. Performa latency ini lebih baik dari WDM dan MME.
- WDM (Windows Driver Model) adalah penggunaan untuk melakukan performa latency pada bagian Windows systems saja. Ini yang biasanya kita pakai untuk menggunakannya dan lebih baik daripada MME
- MME (Micorsoft Multimedia Enviroment) adalah penggunaan untuk melakukan performa latency pada bagian PC audio. Ini audio driver yang paling rendah diantara dua itu. Biasanya digunakan pada integrated sounchips dan mic USB.

Apakah menggunakan MacroButtons akan dibanned dari game online? 
Mungkin iya, mungkin tidak tergantung dari game online tersebut apakah diperbolehkan menggunakan macro atau tidak. Jika ingin MacroButtons dijalankan untuk bagian media saja ya silahkan coba pakai, tapi jika menggunakan MacroButtons untuk gaming saya sarankan jangan karena resikonya akan banned dari game online. Dan supaya lebih aman matikan MacroButtons di bagian taskbar.

Bagaimana cara memasukan Discord app kedalam input sound?

Cara memasukan discord input sound kalian harus mendownload VB-audio Cables Driver (download di : https://www.vb-audio.com/Cable/index.htm) setelah VB-Audio Cable sudah di install kalian masukan CABLE Input ke dalam Input sound di Voicemeeter. Jika sudah dimasukan untuk melakukan setting pada Discord, kalian buka Discord lalu buka Setting dan lakukan opsi seperti pada gambar yang tertera diatas.

Itu saja tahap pengenalan yang saya berikan pada hari ini semoga dapat membantu kalian semua dan jika ada yang salah mungkin kalian dapat berkomentar.

Komentar

Postingan Populer