Streamlabs OBS - Software Streamlabs dilengkapi dengan fitur OBS

Halo semua, hari ini saya hanya membahas tentang software yang baru keluar 2 minggu kemarin dan ini juga lebih banyak fiturnya dibandingkan dengan OBS biasa. Sebelumnya, mungkin kalian ada yang tahu dan ada yang belum tahu tentang penggunaan Streamlabs karena rata-rata banyak orang sudah mengetahui tentang OBS yang biasanya digunakan untuk streaming dan recording.

Saya akan memperjelas software Streamlabs OBS ini. Streamlabs OBS ini adalah sebuah fitur OBS dilengkapi dengan alat-alat streaming dari Streamlabs. Alat-alat streaming yang ada dalam Streamlabs diantaranya Donation, Alerts, Song Requests, Stream Boss, Chatbox dan lain-lain. Pada awal tahun 2018, Streamlabs menghadirkan software terbarunya yang bernama Streamlabs OBS. Sebenarnya software ini adalah kombinasi dari Streamlabs dengan OBS menjadi satu. Maksud saya adalah software ini hanya cukup satu kali download saja tidak memerlukan dua aplikasi software. Saat ini Streamlabs OBS masih bersifat Beta dan belum full release.

Di dalam Streamlabs OBS ini ada beberapa tab yang digunakan, pertama adalah Dashboard kegunaan Dashboard ini adalah diamana kalian akan mengatur opsi kalian yang ada di Streamlabs. Buat yang sudah pernah streaming menggunakan Streamlabs pasti kalian tahu opsi-opsi berikut. Di dalam Dashboard ini ada beberapa fitur yang digunakan. Diantaranya yaitu Donation Setting, Subscribers Setting, Access Shared, API Setting dan Widgets (Alertbox, Goals, Stream Boss dan lain-lain).



Setelah itu ada tab Library, dimana tab tersebut digunakan untuk mencari desain element stream yang kalian inginkan. Biasanya kalian bingung untuk membuat desain stream yang baik dan ini juga khususnya bagi yang tidak mahir dalam mendesain sesuatu kalian dapat menggunakan tab ini dan mendownload stream element tersebut.

Lalu pada tab Editor, kalian pasti sudah tahu jika kalian menggunakan aplikasi OBS karena ini hampir sama dengan OBS. Tetapi bukan hanya itu saja, kalian juga tidak perlu membuka web browser lagi untuk melihat 'chat' pada saat streaming. Kalian juga dapat memulai stream dengan hanya mengklik "Edit Stream Info", lalu masukan judul stream dan game yang akan kalian mainkan. Disini juga sudah ada fitur alertbox, yang biasanya di OBS kalian harus mencari kode url tetapi di sini tidak perlu mencarinya karena sudah ada fitur yang akan digunakan di Streamlabs OBS ini.

Terakhir, pada tab "Live". Ini dimana kalian saat memulai stream, tab yang biasanya di Dashboard, Library dan Editor akan diahlihkan langsung ke tab ini. Di sini juga kalian dapat melihat siapa saja yang followed, subscribe dan dontation. Kalian juga dapat menggunakan Music Player juga saat melakukan stream dan kalian dapat menggunakan polls untuk melakukan voting jika saat kalian ingin melakukan sesuatu misalkan game selanjutnya dan lain-lain.

Note : Berhubung Streamlabs OBS masih bersifat Beta, mungkin ada fitur yang error atau sebagainya. Ini bagi saya yang pernah error dalam software tersebut. Jika pada opsi "Game Capture" atau "Window Capture" tidak berfungsi dan error. Coba kalian gunakan aplikasi sebagai Administrator, caranya dengan klik kanan pada icon Streamlabs OBS dan cari "Open As Administrator". Ini bagaimana cara saya fix software untuk opsi yang tidak berjalan.

Itu saja yang saya ingin post untuk minggu ini dan saya tidak melakukan post pada minggu kemarin karena ada game yang baru dirilis di server SEA (sebenarnya game online ini sudah lama dirilis tetapi di server SEA baru dirilis pada bulan ini). Mungkin saya juga akan post juga tentang minggu kemarin yang saya lakukan. Kalian juga dapat melihat saya mencoba streaming dengan menggunakan Streamlabs OBS minggu kemarin di sini.

Komentar

Postingan Populer