Steam Link Mobile (Beta version) dan Cara Menggunakannya

Selamat malam semua, saat ini saya akan membahas tentang Steam lagi. Karena sekarang ada yang lagi menarik di bulan ini. Steam mengeluarkan sebuah aplikasi untuk mobile, ini hanya untuk khusus mobile Android saja karena untuk iOS tidak memiliki aplikasi tersebut dikarenakan masalah persaingan konflik bisnis dan sekarang masih sedang dalam proses. 


Steam Link Mobile adalah sebuah aplikasi mobile yang digunakan untuk melakukan koneksi antara mobile, PC dan controller. Jadi jika kita sedang ada di rumah dan malas duduk di PC, kalian dapat menggunakan aplikasi ini sebagai bantuan dengan menggunakan mobile dan controller. Stean Link Mobile ini juga masih dalam pengembangan dan akan banyak update kedepannya. Kalian juga dapat mengontrol PC kalian tidak hanya dalam permainan Steam saja, tetapi saat membuka Windows atau aplikasi lainnya. Ini sebenarnya mirip dengan penggnaan Teamviewer dimana kalian dapat melakukan remote PC dari mobile kalian.

Ini berikut cara menggunakannya :

 
1. Download terlebih dahulu Steam Link Mobile di Play Store, dapat mengunjungi disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.valvesoftware.steamlink&hl=en
2. Setelah install Steam Link Mobile, masuk ke dalam Steam Link Mobile.
3. Diharapkan haru menggunakan Wi-Fi supaya dapat melakukan melakukan connect antara PC dan mobile
4. Kalian harus melakukan login ke Steam di PC kalian. Setelah itu lihat di Setting > Computer, disana jika kalian tidak menemukan PC kalian, tekan tombol "rescan" di bawah Computer Settings. Jika kalian tidak menemukan saat "rescan", coba menggunakan Hostname atau IP Address, kalian dapat menemukan pada tombol sebelah "rescan".
5. Setelah melakukan setting pada PC, pilih "Controller" untuk selanjutnya. Ini sangat rekomendasi saat kalian bermain game seperti FPS, RPG dan Action Games. Jika kalian tidak memiliki Bluetooth controller, kalian hanya dapat menggunakan untuk game yang tidak perlu menggunakan controller seperti game Adventure Capitalist dan sebagainya.
6.Setelah itu, lihat apakah ada yang sudah connect atau belum, jika sudah pilih pada controller tersebut.
7. Sesudah mengunjungi "Computer" dan "Controller", pilih Streaming pada bagian sebelah kanan Controller.
8. Disini kalian akan lihat ada Streaming Quality, jika kalian hanya memiliki speed upload yang kecil maka gunakan Fast. Jika kalian memliki speed upload yang tinggi, gunakan Beautiful. 

9. Jika ingin melakukan setting streaming lebih lanjut, pilih "Advanced" pada bagian sebelah kanan "Network Test". Disana kalian melihat ada setting Bandwidth Linit, Rsolution Limit, Performance Overlay dan HEVC Video. Mungkin kalian ada yang tidak mengerti apa itu HEVC video, itu adalah video yang menggunakan compression dengan H.265 atau bisa disebut MPEG.
10. Jika sudah semua, keluar dari settings dan tekan "Start Playing.

Itu saja untuk post hari ini, mungkin ada post untuk di hari berikut nya atau minggu depan. Jika ingin bertanya silahkan komen di post ini. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer