Rekomendasi Cities: Skylines DLC untuk Pemula dan Apa saja Kontennya


Udah mau 5 tahun Cities Skylines, apakah masih laku game ini? Ya pasti tetap laku, karena game ini adalah game simulator yang paling top sampai sekarang menurut gua. Sampai sekarang, gua juga masih maen game ini kalo ada waktu kosong. Nah tapi kalian juga bingung Downloadable Content (DLC) yang kalian mau ambil karena DLC ini udah banyak banget, sekarang udah hampir puluhan DLC yang ada disini. 

Gua sekarang mau ngebahas konten DLC yang ada di dalamnya. Kalian juga harus tau yang mana nih, yang mana Expansion DLC, Content Creator DLC dan Radio DLC. Gua bakal kasih tau yang mana aja Konten DLC, Content Creator DLC dan Radio DLC.


Ini list buat Expansion Cities: Skylines (harga dari Rp 59.999 - Rp115.999 di Steam) :
  • After Dark (Rp.115.999)
  • Snowfall (Rp.109.999)
  • Natural Disasters (Rp.115.999)
  • Mass Transit (Rp.109.999)
  • Green Cities (Rp.109.999)
  • Concerts (Rp.59.999)
  • Industries (Rp.95.999)
  • Parklife (Rp.95.999)
  • Campus (Rp.83.999) - Ini DLC paling terbaru saat ini 
Buat kalian yang gak tau Content Creator DLC itu apa, Content Creator DLC itu adalah content untuk seperti nambahin model dari bangunan tersebut, terus juga nambahin Unique Buildings dan Park juga.

Ini list buat Content Creator DLC Cities: Skylines (harga dari Rp. 35.999 - Rp 45.999) :
  • Match Day (Gratis)
  • Art Deco (Rp.45.999)
  • High Tech Buildings (Rp.45.999)
  • Pearl From The East (Gratis)
  • European Suburbia (Rp.39.999)
  • University City (Rp.39.999)
  • Modern City Center (Rp.39.999) - Ini DLC paling terbaru saat ini 
Kalau ini buat yang suka denger radio di Cities: Skylines, kalian bisa ambil DLC ini. 
Ini list buat Content Creator DLC Cities: Skylines (harga dari Rp. 32.999 - Rp 35.999) :
  • Relaxation Station (Rp.35.999)
  • Rock City Radio (Rp.35.999)
  • All That Jazz (Rp.32.999)
  • Country Road Radio (Rp.32.999)
  • Synthetic Down Radio (Rp.32.999)
  • Deep Focus Radio (Rp.32.999)
  • Campus Radio (Rp.32.999)
  • Downtown Radio (Rp.32.999)
Ok jadi kalian sudah tau kan DLC mana yang Expansion, Content Creator dan Radio. Disini gua bakal fokus menjelaskan apa saja konten yang ada di dalam Expansion DLC tersebut. Mari kita mulai dalem konten ini. Buat yang buru-buru atau males bacanya karena bakal panjang banget, kalian liat paling bawah versi TL;DR nya ada kok gua tulis di paling bawah.

After Dark


Di dalam konten ini ada Leisure dan Luxury (contoh nya kaya Nightclub, Restoran, tempat bowling dan macam lainnya). Ini juga ada Commercial Specialization, kalau kalian sudah bisa buka tab districts, nanti bakal ada specialization tersebut (untuk game tanpa Expansion ini kalian cuma ada Farm, Mining, Ore dan Oil di Districts). Ditambah lagi, bakal ada penjara khusus untuk para tahanan. Gua juga nanti bakal beli Expansion yang ini kalo ada Steam Sale lagi. 

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Buat kalian yang mau butuh transportasi angkutan unum Taxi dan sepeda khusus disini, kalian dapat menggunakan Expansion ini biar orang-orang tidak hanya transportasi bis aja.
  2. Lebih banyak konten untuk para turis seperti Leisure dan Luxury commercial. Leisure dan Luxury ini juga bisa tutup pada malam hari (nanti ada di panel districts).
  3. Penjara Khusus, disini bakal ada penjara khusus dan yang biasanya non-DLC penjahat dimasukan kedalam Police Station, nanti bakal dipindahin ke penjara khusus di DLC.
  4. Sangat rekomendasi buat yang fokus ke Tourism, Commercial dan Leisure sama kendaraan Taxi dan Sepeda.

Snowfall


Sekarang kita akan ke Snowfall, disini kalian akan lebih fokus ke musim dingin. Kalian juga bakal ada map khusus untuk musim dingin (map non DLC pun juga bisa menggunakan tema musim dingin). Tapi bukan hanya itu saja, kalian akan punya Tram di dalam konten ini. Tram itu apa? Kalau kalian liat di Eropa, kalian liat kereta dorang yang ada di jalanan. Nah itu namanya Tram.

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Cari map dengan musim dingin, ini juga bakal berlaku di game Vanila lainnya, kalo buatan map dari Steam Workshop gak tau ya.
  2. Tram, transportasi ini kaya kereta kecil yang di jalanan gitu, khusus di Eropa ada ini.
  3. Maintance Electricity untuk Heating sistem (untuk map musim dingin saja) dan transportasi (terutama truck) untuk tidak terjadi kemacetan hanya beberapa waktu saja dalam memaintance truk dengan menambah kecepatan traffic.
  4. Sangat rekomendasi buat yang cari musim dingin dan transportasi Tram buat Expansion ini

Natural Disasters


Konten ini, khusunya bagi kalian yang ingin kota-kota nya ada sesuatu yang menakutkan seperti bencana alam atau lain-lain. Kalian juga bisa membuat meteor berjatuhan di kota kalian atau gempa bumi juga bisa dan lain-lain. 

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Yang ingin kota-kotanya ada bencana alam, seperti Gempa Bumi, Meteor jatuh, kebakaran hutan, api membara di setiap gedung, dll
  2. Ingin mencari tantangan yang lebih, kalian bisa beli Expansion ini.
  3. Yang mau ngancurin kota-kota nya kalau udah bosen, bisa pake ini juga.
  4. Sangat rekomendasi buat kalian mau ada bencana alam di kotanya

Mass Transit


Ini sekarang gua pake Expansion ini kalau main, kalian bakal dapet model traffic lebih banyak, biasanya kalian yang belum ada Expansion jenis jalannya terbatas banget, tapi di Expansion ini kalian dapet banyak macam-macam jalanan terutama buat jalan tol bagus banget buat Expansion ini. Ini juga kalian bakal banyak transportasi umum disini, bakal ada kapal Ferry, Blimp, Monorail, dll

Ini bagi para pemain yang ingin :

  1. Membutuhkan macam2 tipe jalan, jalan tol di Expansion ini lebih banyak variasi dan ada juga  Asymmetrical three-lane road (1 khusus kiri 2 khusus kanan dan sebaliknya)
  2. Perlu banget transportasi umum yang banyak, disini bakal ada Ferry, Monorail, Cable Car, Kereta multiplatform.
  3. Buat yang mau main tanpa mod jalanan Traffic Manager: President Edition (TMPE mod), soalnya bisa dapetin Steam Achivements kalau gak pake mod
  4. Sangat rekomendasi buat yang suka ngurusin traffic sama tambahan transpotasi umum.

Green Cities


Gua juga pake Expansion ini, kalau mau tau expansion ini buat yang seneng banget sama penghijauan dan polusi menipis. Disini ada bus Biofuel yang buat ngurangin polusi suara, terus ada juga penyedot air buat ngebuang polusi air yang ngalir di sungai dan ada lagi yang lain.

Ini bagi para pemain yang ingin :

  1. Ingin maintanance polusi yang ada di kota (polusi suara, udara dan air)
  2. Ada tempat sampah khusus yang polusinya lebih minim daripada yang biasanya (tanpa Expansion)
  3. Ada sekolah khusus, tempat renang dan yoga juga (ini bukan hiasan tapi kepake buat kesehatan penduduk di kota)
  4. Ada monumen khusus (kalau sudah masuk Megalopolis (45.000 - 85.000 penduduk tergantung seberapa map gedenya dulu) buat ngurusin sampah-sampah yang ada di kota, monumen ini maximal bisa sampai 100 truk sampah (yang bias cuma sampai 15-25 an)
  5. Specialized Residential, commercial dan IT cluster (ini nanti ada di pilihan district) buat rumah penghijauan, toko-toko tanpa polusi suara dan IT cluster buat teknologi office lebih maju.
  6. Sangat rekomendasi buat yang mau penghijauan sama nguragi polusi di kotanya

Concerts


Gua ini kurang tau detailnya apa aja yang ada di Expansion ini soalnya katanya ini Expansion paling dikit konten. Trus harganya juga paling murah dibandingkan yang lain. Kalau gua liat dari Youtuber lain. Konten ini tuh cuma fokus ke music radio dan festival konser gitu, intinya mah cuma fokus ke musik aja.

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Cari musik lain selain dari in-game Cities:Skylines
  2. 4 Unique Building buat tempat konser dan bisa atur penjualan ticket pas lagi mau konser musik
  3. Sangat rekomendasi buat yang mau liat konser musik di kotanya dan cari lagu-lagu lain selain radio DLC Cities: Skylines

Industries


Expansion ini gunanya buat fokus ke industri. Jadi industri ini biasanya cuma bangun-bangun industri aja, tapi disini bakal bisa setting industri secara mendalam. Konten disini bakal ada Income, Expenses dari tiap-tiap industri (Pertanian, Pohon, Oil, sama Ore). Di konten ini juga kalau biasanya Oil dan Ore cepat abis cuma beberapa minggu in-game. Tapi kalo udah pake Expansion ini. Oil dan Ore gak akan abis selama-lamanya. Trus tiap-tiap industri bisa disetting Income nya. Disini juga ada kantor pos dan 

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Fokus ke Industri secara mendalam dan detail, gak cuma bikin bangunan industrinya aja
  2. Pengen liat macam-macam industri secara detail, disini bakal ada industri makanan kue, baju, mobil , furnitur, kapal dll.
  3. Pengiriman material bisa lewat bandara, biasanya di game tanpa Expansion ini gak ada dari bandara, cuma ada dari pelabuhan sama kereta api aja.
  4. Profit lebih besar kalo pake DLC ini
  5. Sangat rekomendasi buat yang pengen tau industri secara mendalam dan atur Income dari tiap-tiap industri

Parklife


Gua bakal beli Expansion ini sama After Dark kalau ada diskon di Steamnya. Soalnya ini fokus banget buat bikin Park (tama-taman) lebih detail. Jadi disini juga gak bakal tambahan taman aja, tapi ada kebun binatang dan tempat rekreasi buat para turis atau penduduk yang tinggal di kota. Plus ini juga berguna banget buat yang ngurangin polusi suara dari pohon-pohon (di game tanpa Expansion ini masih gak ngefek klo bikin pohon banyak juga).

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Yang mau fokus ke bikin taman-taman, kebun binatang, taman bermain.
  2. Mau bikin macem-macem taman yang ada di kota, disini gak cuma jadi hiasan aja tempat taman dan rekreasinya. Tapi ada tiket khusus kalau mau masuk ke taman tersebut
  3. Buat para turis gak fokus di commerical aja (After Dark Expansion), tapi di tempat hiburan dan taman-taman
  4. Sangat rekomendasi buat yang mau macem-macem taman dan dapat Income juga di park dan rekreasi.

Campus


Ini Expansion yang baru keluar beberapa bulan lalu, ini juga kepake buat yang mau fokus ke pendidikan sama sekolah. Disini juga lebih detail tentang sekolah, contohnya sekolah Administrasi, Literatur dan Universtias. trus disini juga bakal ada district buat Campus sendiri.

Ini bagi para pemain yang ingin :
  1. Fokus ke kampus secara mendalam dan detail, biasanya kalau tanpa Expansion ini, cuma 1 bangunan aja, tapi bisa jadi luas, caranya baca yang dibawah ini
  2. Ada District khusus buat kampus, jadi kalian bikin kampus tuh nggak cuma 1 bangunan aja, tapi bisa perluas pake district ini. Kalau kalian kuliah di tempat yang luas banget, contohnya UNPAD, UI, UGM kan itu luas banget. Nah di Expansion ini bisa bikin district mau segede apa juga bisa.
  3. Mau buat macam-macam kampus tiap bangunannya, disini bakal ada Fakultas dan ada Jurusan di tiap masing-masing bangunan.
  4. Sangat rekomendasi buat yang bikin kampus lebih detail dan bikin tempat kampus yang luas banget

Ini buat versi TL;DR (buat yang males baca dari atas sampai bawah), intinya itu Expansion ini lebih fokus ke :

  • After Dark : Tourism, Taxi, Commercial sama Leisure
  • Snowfall : Musim salju,
  • Natural Disasters : Bencana alam (gempa bumi, kebakaran hutan dll)
  • Mass Transit : Traffic/jalanan sama Transportasi Umum
  • Green Cities : Ngurangin polusi (suara, tanah, air, udara)
  • Concerts : Festival musik
  • Industries : Industri secara detail
  • Parklife : Taman sama rekreasi secara detail
  • Campus : Sekolah sama Kampus, buat kampus lebih luas
Jadi buat yang masih bingung mau pilih DLC yang mana, itu pilihan kalian, gua gak tau kalian maunya apa dan yang dibutuhinnya. Gua nanti bakal beli 2 Expansion pas lagi Steam Sale (After Dark, Parklife), mungkin 3 sama industri tapi gak tau ya kedepannya. 

Gua ini nulis ini hampir dua hari, soalnya gua suka pergi keluar rumah sekarang jadi gak bisa satu hari. Yanng penting udah gua kasih tau ini expansion apa aja di dalam kontennya. Mungkin gua bakal nambahin atau edit kalau ada yang kurang. Udah itu aja buat hari ini.

Komentar

Postingan Populer